Selamat datang di dunia kerja


Hmmm...judul yang di atas, terdengar masih aneh dan asing ditelingaku. Rasa2nya, badan dan jiwa ini masih ingin berpetualang, masih ingin bersenang2, hepi2, bebas kemana saja sesuka hati tanpa ada yang melarang dan menghalangi. Pokoknya belum ada gambaran mau kerja apa, kerja dimana, jadi apa, dll. yang terbersit di kepala hanyalah masih pengin nenangin pikiran dan “nyantai” dulu sebulan dua bulan di rumah sembari menikmati moment2 di rumah bersama keluaraga. Maklum belum genap 10 hari saya diwisuda..

Namun cerita dan angan2 tersebut seketika berubah drastis. Semua itu gara2 ulah seseorang yang selalu ada di sampingu, seorang yang sangat peduli, sangat sabar, dan seorang yg selalu ada di saat aku membutuhkannya.. yes, she is my girl , dian syafitri^^... mski bawel, tp tnyata bener juga. dia selalu menuntutku supaya cepet2 nyari kerja, daftar2 lamaran, tiap hari kuping ini serasa meleleh mendengar ocehanya supaya jangan cuman males2an di rumah, tapi kerja, kerja ,kerja!! hoh

sedikit curhat, agar kita tetap semangat dan optimis:

..Bermodal dari secarik iklan di koran harian suara merdeka tanggal 22 oktober 2011, iseng saya di daftarkannya untuk melamar pekerjaan sebagai seorang Medical Representative di perusahaan farmasi besar nasional, Dexa Medica. Jangankan ditanya apa itu medical representative, cara nglamar pekerjaan saja saya tidak tahu menahu sama sekali!! perlu seharian untuk berdebat mengenai apakah saya mesti melamar apa engga. maklum, itu sedikit melenceng dari background pendidikan saya sebagai tenaga pendidik. akhirnya setelah dipikirkan masak2, Dengan sedikit ragu2 dan g trima akhirnya keputusan diambil, saya harus ngalah sama pacar untuk sekedar ikut melamar pekerjaan ini. lagian toh, sebagai pengalaman ddulu. syukur kalo bisa diterima..

Setelah mengurus berkas2 yang cukup ribet, #bagaimana ga ribet la wong deadline tinggal 2 hari lagi, ijasah dan berkas2 lain tak tinggal di rumah, sementara posisi sedang di semarang! semua terjadi karna emang di sini tadinya ga ada niatan cari kerja, ya ngapain bawa2 ijasah?? akhirnya sehari sebelum hari H, semua berkas yang diperlukan sudah siap sedia. (special thx to toroo yg udah mau dititipin ijasah).

Tapi masalah lain muncul. Di iklan, dituliskan walk in interview. ini apaan maksudnya??interview di cat walk atau apa?? setelah tanya2 temen akhirnya diketahui kalo ini adalah wawancara langsung! Jyaaah mati aku..!

Tanpa pikir banyak, hari itu juga aku belanja habis2an. Semua kebutuhan buat interview aku siapkan. Beli baju, celana, sabuk, buku panduan wawancara, pokoknya semuanya deh.. (panik mode:on melebihi orang nikah).

Hari 1
Singkat cerita, jam 8 pagi saya sudah ada di lokasi recruetment. Huaaaaaawaaaaaaaaaaaaaaaa.. tenyta sudah ada banyak banget peserta lain. Udah gaya dan style mereka kereen2 abis. Langsung ngedrop dan minder deh. (pdhl uda ake bju baru,ber merk semua lg).. dari sekitar 200an pelamar, saya kebagian di wawancarai pertama kali bersama 5 orang yg lain. WTF!! Gara gara berangkat kepagian, jd dapat nomor urut awal! Dengan langkah gemetaran dan jantung yang mau meledak, akhirnya sesi interview ini dapat trlewati juga. Alhamdulillah....

tp yang jadi pertanyaan kok hasil tes wawncaranya di kasihkan aku lagi dan suruh di serahkan ke bagian staf yg lain (sempet lirik, rata2 saya hnya di nilai baik dan cukup saja :(( )., Setelah diserahkan ke bgian lain, ternyata saya disuruh utk interview lagi jam 3 nanti sore.hash...!

Setelah menunggu selama 6 jam, akhirnya tiba giliran interview tahap 2, sesi ini ditanya macem2 dan ngobrol ngalor ngidul, hingga pada akhirnya, ternyata saya di undang untuk melanjutkan ke tes psikotes besok jam 8 pagi. HOREEEEEE....!!

Sampai di kost panik mode:on kembali terulkang.
Psikotes tu apaan?bagaimana?kaya apa, ngapain??? Huaaaaaa.. langsung tancap gas, menuju ke warnet cari referensi di simbah google. Belum puas dg info di warnet, tancap gas pol lagi. Ke gramed, beli buku!!!hehehe baru terpuaskan kalo udah pegang buku

Hari 2.
08.00 WIB,
Setelah sampai lokasi. Sama seperti kemarin, dengkul lemes, muka pucet, gemetar ga karu2an. Saya kembali nerveous habis! dari 200an pelamar hanya sekitar 50 orang yang lolos ke tahap psikotes. Yang menyebabkan minder, ternyata yg ikut psikotes rata2 tuh sudah berpengalaman kerja smua, bahkan malah masih kerja di posisi sama cuman beda perusahaan. Tak hitung hanya 3 orang trmasuk saya yg masih fresh graduate! Phuufth

Bermodal buku td malem, tes psikotes berjalan dengan lancar dan sukses.. (lancar tesnya hancur hasilnya).. mau muntah rasanya ngitung angka-angka segitu banyaknya.. 4 jam dihabiskan utk menjalani fu*king test ini..

Pesimis, pikiranku uda gada harepan bakal ketrima.. Waktu 1 jam buat nunggu hasil tes uda tak dipedulikan lagi. Hasilnya udah pasti, saya g mungkin lolos. otak ini sudah capek, yg terbayang hanya tidur, istirahat di kost!
Tapi berkat saran om2 chineese peserta lain yg duduk di sebelahku (blakangan diketahui dia supervisor di perusahaan farmasi lain!). saya disuruh nunggu aja dulu, siapa tau bisa lolos. Dipikir2, Iya juga sih, lagian kondisi di luar gedung juga hujan..

13.00 WIB
Finnaly, kertas pengumun yang ditunggu 50 orang tersebut di tempel juga. Langsung deh jd “rubungan” kaya rebutan sembako. Saya mah nyantai2 aja duduk di lobby nunggu sepi, lagian juga uda gada harepan lolos..

“glek” seakan ga percaya.. satu kata yg terucap: Alhamdullilah ya alloh.... seakan belum percaya dengan kondisi ini sampai om2 chineese td memberikan ucapan selamat. “tuh kan mas, anda bisa lolos.tak perhatiin td psikotesnya bagus og..”
“glek” ke dua kali.. terimakasih buku ‘latihan psikotes’..

Hanya 25 orang yang lolos tahap ini, semuanya sudah bersuka cita. Telp istri, pacar, orang tua dll.. sementara aku masih bengong, bingung mau ngapain..

Singkat cerita, semua peserta di masukan ruangan dikumpulkan jadi satu, dikasi minum dan snack.. di dalam ruangan, moment td kembali terulang. Dengkul lemes, muka pucet, gemetaran seluruh tubuh, pokoknya parah bgt deh.. gimana tidak, dari 25 orang hanya aku yg terlihat paling culun. Lainya sudah pada akrab, sudah pengalaman, paling ga mereka semua ngobrol pekerjaan, keluarga atau apalah ga tau saya! Ga ada yg ngajak ngobrol duluan, tengsin mereka paling liat anak bau kencur :p

15.00 WIB
Satu persatu peserta dipanggil masuk ruangan, saya yg dari tadi bengong mencoba masuk ke komunitas mereka.. “pak ini sih ngapain lagi?di dalem ditanya apalagi?”.. “oowalah, lum mudeng to mas, ini diskusi gt ttg penempatan kerja. Nanti ditawarin mau g nek ditempatkan dimana??” “baru pernah daftar jd Med. Rep ya...?”.. “hehe iya pak, makasih” ...

“glek”, oh jadi saya sudah ditrima?????ah yg benar saja?? Masih belun percaya, hingga nama saya dipanggil masuk ruangan..

Kira2 singkatnya begini percakapan kami:
bl..a bla.. bla..
X: "selamat bergabung bersama Dexa Medica"



X: “Mas dika, kalo semisalnya di tempatkan di luar pulau jawa gimana? Sumatra, kalimantan, sulawesi gitu? Mumupung masih muda??”

“glek” menelan ludahpun terasa berat..

A:“ga ada pilihan lain pak?”
X: “untuk wilayah jateng kami hanya butuh 4 orang”
A: “pada dasarnya saya siap ditempatkan di luar pulau jawa”
X: ‘hmmmm, anda asli berasal dari banjarnegara?”
A: ‘iya pak, saya lahir dan domisili di Banjarnegara”
X: ‘berarti menguasai wilayah banyumas? Anda punya kenalan/kerabat dokter?”
A: “iya pak saya punya”
X: “melihat hasil interview, psikotes dan CV mas dika, saya mengesampingkan kandidat lain yg sudah berpengalaman di bidang M.R. saya pengin kasi kesempatan mas dika sebagai tim saya, kebetulan saya pegang jepara banyumas dan pekalongan. Seandainya mas dikembalikan ke kampung halaman saja, anda bersedia??
A: “glek”.. iya pak saya bersedia” (senyum selebar lapangan :p)
.......
.............

Keluar ruangan, semua mata menatapku.(what the hell?), semuanya serentak bertanya. “Dapat dimana mas??”
Dengan tanpa rasa bersalah, saya jawab saja : ‘wilayah Purwokerto, konsentrasi banjarnegara”. Langsung deh seisi runagan ribut, berasa terjadi tsunami aceh, ada yg minta tukeran tempat di bandung, surabaya,denpasar, lampung,jambi, makassar, balikpapan, dsb”..ada yg g trima,sinis tp ga sdikit pula yg nyelamatin.. seru deh pokoknya :p
#anak baru malah dapet di jawa tengah, pulang kampung lagi#


Sekali lagi, alhamdulillah ya alloh. Kau permudah jalanku mencari pekerjaan dan kau kabulkan doa2ku.. (menyesal sempat pesimis, lupa akan kebesaran-Mu)

mungkin memang gajinya tidak seberapa dibanding temen2 yg lain, tp yang terpenting ini adalah langkah awal yg baik, paling tidak saya g repot2 nyari2 kerja untuk beberapa waktu ke depan. apalagi ttep bisa makani ikan di akuarium rumah.. wkwkwk

Spesial thx to,bpk ibu,bu yanti, dian syafitri, mas qq ,toro,nita, irma, rian, lebrur, elsa, bondan, ade, Buku 77 jurus jitu lolos tes wawancara kerja, buku latihan psikotes senior.

17.00 WIB.
Interview pendalaman, diskusi mengenai gaji, kerja, mulai aktif ,kantor, buka rekening, dll...

19.00 WIB
nyampek kos setelah seharian berjuang..

pesen moral: tetaplah optimis, sesuai hukum law of attraction,
"what you think, what you get". apa yg kamu pikirkan apa yang kamu dapat!! so, jangan mudah menyerah.tetaplah berjuang!!

:Cheeeers:

visit :
apa itu Medical Representative?

8 komentar:

  1. selamat ya mas, ketrima kerja jadi Medical Representative, jangan mudah menyerah, tetap berjuang! Wish you all the best in your next career!!!and thanks for your link...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4D/ angka [] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((0823 1366 9888)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 2750 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..



      KLIK DISINI 4d 5d 6d




      Solusi yang tepat jangan anda putus asah... AKI ALIH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
      butuh angka togel 2D/ ,3D/, 4D/ 5D/ 6D/ SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI ALIH DI NO: [[[0823 1366 9888]]]


      ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/


      ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/6D/



      ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/ 6D/



      ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



      ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D 6D/


      Hapus
  2. selamat ya kawan telah memperoleh pekerjaan :)
    salam sukses selalu.

    BalasHapus
  3. min, Medical Representative kue ko dadi pelobi dokter ben mereka gelem nganggo produk obat tertentu. gajine lumayan, tapi bonuse akeh pisan.trus sing jelas tekanan n tantangane gede banget, ko kudu sabar, semangat n aja gampang nyerah..... selamat menempuh hidup baru ya....

    welcome to the hell....... :hammer

    BalasHapus
  4. trus siki nang ndi dik??

    BalasHapus
  5. setelah baca postingan kk. kok bertolak belakang ya dengan pesan moral yang kk tulis. "what you think, what you get" kan awalnya kk pesimis dan mikirnya gak bakal keterima, tp kenyataannya keterima. berarti "what you dont think, what you get" dong hehee. tp kk enak bgt ya termasuk org yang beruntung.

    BalasHapus
  6. Gak ada tes kesehatannya y pak dika?

    BalasHapus

 

Sorry

MAINTENANCE

under