Anak Sekolah Gondrong?Boleh kok..


membayangkan anak sekolah di Indonesia boleh gondrong kayaknya seru deh. selama ini kan tiap sekolah selalu ada peraturan ketat mengenai potongan rambut. dulu aja waktu sekolah aku selalu berurusan dengan guru BK gara gara rambut aku yang sudah terlalu panjang. padahal kalo diliat juga belum seberapa, tapi kalo udah menyentuh kerah baju dan nyampek kuping, yasudah tamat deh riwayatnya.

ngomongin gondrong di sekolah, ternyata ada lho sekolah di jakarta yang mempunyai kebijakan siswa cowoknya boleh gondrong. Asalkan nilai rata-rata raportnya harus di atas 8.0. sekolah itu adalah SMA GONZAGA yang beralamat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan...
berikut sedikit penjelasan mengenai SMA Gonzaga yang di ambil di yahoo answer

Gonzaga punya ciri khas dari sisi "kebebasan berekspresi/kreativitas". Memang, secara akademis, Gonzaga masih kalah dari Kanisius atau Sanur (yg notabene adl dua sekolah swasta katolik terbaik se-Jakarta). Tapi, dari sisi aktivitas dan beragamnya kegiatan, fasilitas pendukung, dan keasrian lingkungan, Gonzaga bisa dibilang jago.

Di sini pohon2nya banyak dan terkesan sejuk. Lokasinya tenang karena terletak "agak di dalam" dari tepi jalan raya Pejaten Barat.

Fasilitas olahraga, ada sport hall, wall climbing, basket&voli outdoor, sepakbola (cuma lapangan bola yg kurang bagus), dll.

Yg menonjol dari SMA Gonzaga adalah ia satu kompleks dengan Seminari Wacana Bhakti (tau artinya seminari kan?). Jadi siswa/i Gonz bakal belajar bersama para calon pastur tsb.....Gonz adalah satu2nya SMA di Jawa (setidaknya) yg menggabungkan proses pendidikan formal bagi anak seminari dan siswa umum dalam satu gedung (kalo Seminari Mertoyudan kan hanya diisi anak seminari yg cwo semua...)

Yg menjadi unggulan juga ialah siswa/i Gonz boleh bergabung dalam barisan WBSO (Wacana Bhakti Symphony Orchestra). Biasanya anak Gonz yg ikut orkes tuh main violin, piano, timpani, atau yg lain, tergantung minat masing2. Instrumen2 ini termasuk dalam salah satu pelajaran Seni (Musik), selain pelajaran seni yg lain, misalnya Seni Tari (Bali), teater, gambar teknik, gambar ekspresif, jurnalistik.

Patut dibanggakan bahwa, di antara sekian banyak SMA di Jakarta, kalo ga salah cuma WacanaBhakti-Gonzaga dan SMA Theresia yang punya orkestra lengkap (Kalo di Sanur adanya marching band, kalo di CC marching brass)...jadi ini merupakan kesempatan langka juga untuk bermain musik. Biasanya di sekolah, WBSO mengiringi upacara bendera seperti 17-an. jadinya, kayak upacara bendera di istana negara gitu....hehe

Kalo bahasa asing, ada bahasa Jepang bwt kls X dan XI IPS.....

Yg menarik dari SMA Gonz adalah kebebasan berpakaian. Di sini, tidak seperti di SMA asuhan suster2 Ursulin seperti Theresia dan Sanur yg strict banget soal aturan, anak2 gonz (dan kolese2 lain) punya keleluasaan berpakaian seragam.
Senin-Selasa: atasan => batik motif bebas, bawahan =>bwt cwo celana panjang (jeans juga boleh), bwt cwe rok kulot. Rabu-Kamis-Jumat: putih abu2 (kemeja yg penting putih, ga perlu badge nama sekolah atau lambang "OSIS" kya di SMA negeri). Sabtu: BAJU BEBAS asal sopan.

source:SMA Gonzaga

artikel terkait
Siswa Gondrong, Mahasiswa Gondrong, Rambut Gondrong Sekolah, SMA gondrong, STM gondrong, Siswa Gondrong di Sekolah, Sekolah Boleh Gondrong, Gondrong Saat Sekolah, Rambut Gondrong SMA, Boleh Gondrong Saat Sekolah, Gondrong

4 komentar:

  1. waktu baca judul artikel ini langsung kaget...he3 bukan karena kaget ga percaya kalo anak sekolah boleh gondrong tapi kaget karena tema artikelnya sama seperti artikel yang baru aku posting hari ini. tapi aku ga nyontek loh coz setelah baca isi artikelnya, kita punya penekanan/pembahasan yang berbeda soal tema tersebut jadi jangan lupa baca juga tulisan ku ya, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Inilah seharusnya sekolah percontohan Indonesia...
    Selama ini yg saya tau hanya kolese de brito yg dijogja...
    Makasih ya infonya...
    Besok anak Q klo dah gede mo ta' sekolahin di sana..
    Ada gak info SD yg boleh gondrong?
    Tolong dibantu info nya...
    Thx..

    BalasHapus

 

Sorry

MAINTENANCE

under