Etape 8 dikuasai pembalap Malaysia


Diwarnai hujan dan panas yang berganti-ganti sejak dari Surabaya ke Madiun, pebalap Ahmaf Fakrullah dari tim nasional Malaysia akhirnya memenangi etape VIII Speedy Tour d'Indonesia 2010, Senin (1/11/2010) dengan waktu 4 jam 21menit 58 detik...



Sejak awal balapan, para pebalap terus melakukan break atau upaya melepaskan diri dari rombongan besar pebalap. Namun, para pebalap akhirnya selalu dapat tertangkap oleh rombongan besar.

Di klasemen umum, Herwin Jaya dari Polygon Sweet Nice tetap mempertahankan yellow jersey atau kaus kuning sebagai pebalap tercepat. Di belakangnya Fatahillah Abdullah dari tim DI Yogyakarta ada di posisi kedua klasemen.

Pembalap Polygon Sweet Nice Herwin Jaya berhasil mengamankan Yellow Jersey yang masih dikenakan. Dia kini mengemas total waktu, 22 jam, 1 menit, dan 3 detik. Dia kini berada di puncak klasemen sementara setelah menyelesaikan etape kedelapan, Surabaya-Jember, 111,6 km, Senin (1/11).

Kendati hasil etape kedelapan kemarin, Herwin finish diposisi ke-39, posisinya tidak tergoyahkan. Pada etape kedelapan ini dimenangi pembalap Malaysia, Ahmadfakrullah Alis, dengan catatan waktu 4.21’58”. Dia menyentuh finish bersama rombongan terdepan bersama 63 pembalap.

Herwin Pertahankan Gelar
Menyisakan dua etape, peluang Herwin menjadi jawara balapan grade 2.2 ini cukup terbuka. Pelatih Polygon Sweet Nice, Wawan Setyobudi menegaskan peluang Herwin menjadi juara cukup besar. “Dengan etape tersisa, peluang menjadi juara cukup terbuka. Apalagi kita memiliki tim yang cukup kompak, dibanding tim-tim lain,” aku Wawan saat dihubungi selepas balapan.

Saat ini Herwin terpaut dengan terpaut 14 detik dengan peringkat kedua, Fatahillah Abdullah dari ISSI Jogjakarta. Fatahillah sendiri kemarin finish diposisi ke-28. Tetapi catatan waktu yang dibukukan Fatahillah dan Herwin tidak terpaut. Keduanya masuk rombongan besar bersama pemenang etape kedelapan. Sehingga selisih waktu tidak ada perubahan.

Hasil etape kedelapan kemarin tidak seperti tujuh etape yang sudah dilalui. Hanya ada dua pembalap Polygon Sweet Nice yang finish diposisi sepuluh besar. Dua pembalap itu adalah Mat Nur (finish 5) dan Rastra Patria (7). Sementara dua pembalap lainnya, Hari Fitrianto menyentuh finish diurutan 49 dan Sergey Kudentsov breada di posisi ke-78 terpaut 5 menit.

“Memang hasil kemarin kurang memuaskan. Biasanya kita bisa menempatkan tiga sampai empat pembalap,” terang Wawan. Meski hanya dua pembalap yang masuk 10 besar, Polygon Sweet Nice masih memimpin klasemen sementara kategori tim. Tim asal Kota Pahlawan ini memiliki total waktu, 65.33’24”. Sementara diposisi kedua, CCC Solo membuntuti dan terpaut 2’56”.

Perebutan nomor Sprint di Etape VIII
Di etape VIII Speedy Tour d'Indonesia 2010 ini, para pebalap akan bersaing memperebutkan tiga nomor sprint yang dilombakan.

Nomor sprint pertama ada di kilometer 81,9 atau di Kantor Bupati Probolinggo. Nomor kedua ada di kilometer 112,1 atau di depan kantor telkom Klakah. Sementara nomor sprint ketiga ada di kilometer 169,7 kilometer atau di depan kantor kepala desa Rambi Puji.

Para pebalap segera memulai real start di 11 kilometer selepas pelepasan di depan kantor Walikota Surabaya. Para pebalap pagi ini diuntungkan dengan cuaca sejuk yang cukup mendukung balapan.

"Iya enak cuacanya. Yang jelas kita ambil aman. Saling kontrol," ujar Herwin Jaya, pemegang yellow jersey dari tim Polygon Sweet Nice.

Pada etape kesembilan akan menempuh jarak 192,1 km dari Gilimanuk menuju Denpasar. “Ini adalah rute yang paling disukai Herwin. Disini banyak rolling-rolling menjelang Tabanan. Mudah-mudahan Herwin mampu menyelesaikan etape kesembilan, untuk mengunci gelar,” tandas mantan sprinter nasional ini.

source:Dian kuyinK

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under