Sunday, February 8, 2009

cara merawat kamera digital

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari kamera digital (digital camera) agar tetap berfungsi optimal, antara lain:

1. Hindari kamera dari kapur barus. Sesungguhnya kapur barus termasuk salah satu benda perusak yang sangat ampuh terhadap kamera, yang dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera yang lain, yang berbahan dasar karet. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamera disimpan di tempat yang kedap udara, sejuk dan kering. Tak ada salahnya jika Anda menyimpan kamera dalam kotak yang tertutup rapat. Agar tidak lembab, letakkan pula silica gel pada bagian dalam kotak penyimpan kamera untuk menyerap kelembabannya. Sebelum menyimpannya, pastikan pembungkus kamera bersih dari debu yang mengganggu.

2. Jauhkan kamera dari kontak langsung dengan matahari.
Upayakan agar kamera kantor tersimpan dalam tempat yang aman dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Apalagi sampai terjemur karena panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya.

3. Saat melakukan pemotretan di daerah pantai, hindari kemungkinan kamera dari cipratan air laut atau bahkan sampai tercebur di dalamnya karena air laut bisa menyebabkan karat yang potensial terhadap kamera.

Wajib hukumnya membersihkan kamera sesegera mugkin setelah pemakaian di daerah pantai karena lazimnya uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera.

No comments:

Post a Comment