pijat massage

Pijat adalah treatment preventif yang penting untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran. Pencegahan selalu jauh lebih baik daripada mengobati.
Dewasa ini orang dengan semua usia mulai mempertimbangkan untuk menggunakan terapi - terapi alami sebagai cara untuk meningkatkan rasa nyaman dan sebagai sarana untuk meraih kehidupan yang bahagia dan harmonis serta bebas dari rasa sakit.
Saat tubuh dituntut untuk beraktfitas tinggi, kemungkinan untuk stres sangatlah besar apabila tidak diimbangi dengan olah raga. Kondisi ini akan berpengaruh pada fisik. Dengan pemijatan sekujur tubuh, titik-titik tubuh yang tegang dirangsang agar pulih seperti sedia kala. Pemijatan juga mampu mempengaruhi kondisi kulit. Penggunaan oil atau cream massage mampu meningkatkan fungsi minyak yang menjaga kulit tetap bersih dan sejuk. Gerakan pemijatan juga bisa membuat kulit kaku menjadi lembut.



Massage untuk Kesehatan dan Kecantikan

Aktivitas yang rutin dan padat memang cukup melelahkan tubuh. Jadwal kerja dan kesibukan dengan ritme seperti itu terkadang mampu membuat kita sulit untuk menyisakan waktu berolah raga. Tidak sedikit orang yang akhirnya malah merasa sakit di beberapa bagian tubuh karena kurang lancarnya peredaran darah akibat kurang adanya waktu berolah raga.
Untuk itulah beberapa salon maupun klub kebugaran kini menawarkan massage atau pijat untuk mereka yang aktif dan minim berolahraga. Ini tak lain karena fungsi dari massage yang dapat memperlancar peredaran darah serta melonggarkan otot-otot yang kaku. Dengan menyisakan waktu beberapa menit dalam satu bulan, keluhan-keluhan di tubuh akibat rutinitas yang padat dapat teratasi.
Pijat atau massage adalah treatment preventif yang penting untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran. Pencegahan selalu jauh lebih baik daripada mengobati. Dewasa ini orang dengan semua usia mulai mempertimbangkan untuk menggunakan terapi - terapi alami sebagai cara untuk meningkatkan rasa nyaman dan sebagai sarana untuk meraih kehidupan yang bahagia dan harmonis serta bebas dari rasa sakit.
Asal muasal dari kata pijat (massage) adalah tidak jelas,bisa berasal dari bahasa Arab "mash" yang artinya penekanan yang lembut,bisa berasal dari Yunani "massein" yang berarti menggosok, kalo dari Prancis "masser" yang artinya mengeramasi. Pijat adalah seni penyembuhan kuno yang mampu memberikan banyak manfaat bagi semua sistem tubuh kita.
Saat tubuh dituntut untuk beraktfitas tinggi, kemungkinan untuk stres sangatlah besar apabila tidak diimbangi dengan olah raga. Kondisi ini akan berpengaruh pada fisik. Dengan pemijatan sekujur tubuh, titik-titik tubuh yang tegang dirangsang agar pulih seperti sedia kala.
Pemijatan juga mampu mempengaruhi kondisi kulit. Penggunaan oil atau cream massage mampu meningkatkan fungsi minyak yang menjaga kulit tetap bersih dan sejuk. Gerakan pemijatan juga bisa membuat kulit kaku menjadi lembut.
Sedangkan untuk tehnik pemijatan, ada sembilan cara dasar yakni :
1. menggosok (effleurage)
2. memijat-mijat (petrissage)
3. mengguncang-guncang (shaking)
4. memukul-mukul (tapotement)
5. menggerus (friction)
6. menggosok melintang otot (walken)
7. menggeser lipatan kulit (skin rolling)
8. menggetarkan (vibration)
9. mengurut (stroking).
Beragam massage yang bisa dipilih. Mulai dari tradisional massage, thai massage, foot reflexiology, shiatsu, maupun yang campuran. Masing-masing dari massage tersebut memiliki tehnik dan manfaat yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan orang.
Traditional massage masih banyak dipilih meski telah hadir tehnik-tehnik massage dari luar. Tradisional massage dapat meringankan tubuh yang capek.
Tehnik Foot Reflexiology juga mampu menghilangkan keluhan-keluhan akibat tubuh yang lelah. Bahkan tak hanya itu, keluhan-keluhan sakit pun dapat diatasi dari Foot Reflexiology. Hal Itu dikarenakan seluruh pusat saraf berada di kaki. Dengan sentuhan-sentuhan di syaraf dari pijat Foot Reflexiology, penyakit seperti migrain atau kecapekan dapat diatasi. Untuk mereka yang memilki intesitas kesibukan yang cukup tinggi, ada tehnik-tehnik massage yang khusus untuk itu. Mereka yang terlalu lelah bisa memilih Thai Massage, Shiatsu, atau yang campuran. Massage semacam itu memiliki tehnik pijat dengan gerakan yang lebih kuat.

Thai Massage
Thai Massage yang memiliki gerakan pemijatan yang membuat tubuh ditekuk dengan posisi yang tidak biasa dilakukan. Sedangkan tehnik pemijatan Shiatsu menggunakan kekuatan kaki untuk dari pemijat untuk mengenai bagian tubuh dari mereka yang dipijat.
Tehnik pemijatan tertentu dari Thailand saat ini menjadi tren di beberapa tempat. Keunikan dari massage ini adalah tehnik pijatannya yang khas tanpa lumuran minyak atau cream. Thai massage menggunakan kekuatan jempol untuk menekan titik lemah otot. Sementara konsentrasi daerah pijatannya ada pada daerah punggung, kaki serta wajah.
Fungsi dari Thai Massage adalah dapat melemaskan otot-otot yang kaku atau menggumpal. Badan yang dimassage ditarik-tarik sehingga otot bisa longgar.
Untuk mendukung terapi yang banyak menggunakan gerakan tubuh dan peregangan ini, sebaiknya dilakukan di atas matras serta menggunakan busana longgar agar lebih relaks dan nyaman.
Orang tidak perlu khawatir cidera dengan gerakan thai massage.
Namun menurut ada orang-orang dan kondisi tertentu di mana massage ini tidak bisa dilakukan. Wanita haid dan orang yang sedang atau telah mengkonsumsi alkohol tidak boleh melakukan massage. Alkohol itu racun, sedangkan massage bersifat melancarkan peredaran darah. Jadi, kalau orang habis mengkonsumsi alkohol dikhawatirkan darahnya akan tercemeri oleh alcohol. yang telah selesai makan juga tidak boleh langsung melakukan massage. Setidaknya 15 menit setelah makan, orang baru diperbolehkan massage. Sedangkan setelah massage, seseorang dianjurkan untuk minum air jahe hangat. Ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan membantu peredaran darah setelah dimassage.


Shiatsu Massage
Pijatan yang berasal dari Jepang ini menggunakan kekuatan jempol yang menelusuri otot. Shiatsu digemari oleh mereka yang sibuk dengan konsentrasi tinggi. Karena itu terapi ini disukai karena tidak menyita banyak waktu dan gerakannya pun lebih pada otot yang menghubungkan ke saraf otak.
Punggung orang yang dipijat ditekan sampai bunyi. Pemijatnya menekan dengan jari tangan. Sedangkan sambil berdiri dan berpegangan pada kayu yang melintang di atas tempat tidur, pemijat menekan tubuh pasien dengan jari kaki.
Ada hal penting yang bisa dilakukan sebelum melakukan massage ini. Yang penting lakukan peregangan ringan sebelum melakukan pijatan, agar otot-otot menjadi relaks lebih dulu. Sedangkan adapula pantangan melakukan shiatsu bagi usia dan kondisi tertentu. Mereka yang tidak boleh melakukan shiatsu adalah mereka yang lanjut usia dan memiliki sakit tulang seperti rematik dan pengapuran tulang.
Ginza massage atau Massage Campuran
Massage campuran juga banyak dikembangkan di beberapa tempat. Massage ini merupakan gabungan antara massage tradisional tehnik massage yang lainnya. Seperti di Orang yang menjalani massage campuran dipijat dengan massage tradisional terlebih dahulu, setelah itu dengan thai massage.
Ada keuntungan lebih dari ginza massage atau campuran ini. Massage yang memiliki asal nama dari sebuah gunung di Jepang ini selain melancarkan peredaran darah juga menghilangkan lelah tubuh yang sangat.
Foot Reflexiology
Massage tak cukup untuk tubuh yang lelah. Penyakit yang ditimbulkan akibat rutinitas yang tidak stabil pun dapat disembuhkan lewat massage jenis Foot Reflexiology. Penyakit seperti migrain dan keluhan syaraf yang tegang dapat dikendurkan dengan sentuhan pada titik syaraf yang ada di kaki.
Memang itu manfaat yang bisa diperoleh dari dari foot refelxiology. Dengan sentuhan di syaraf-staraf yang bersimpul di kaki, syaraf-syaraf lain yang ada di tubuh bisa dikendurkan. Jenis massage ini juga baik dilakukan secara teratur. Untuk menghindari problem yang timbul ada baiknya foot reflexiology dilakukan secara rutin dua kali sebulan. Ada orang-orang tertentu yang tidak boleh dimassage dengan foot reflexiology. Mereka yang memiliki darah tinggi beresiko bila dimassage dengan cara ini.
Foot Reflexology yang dilakukan selama 60 menit manfaat menghilangkan lelah. Dengan menekan urat-urat saraf yang ada di kaki, orang yang dimassage dapat dikurangi rasa lelahnya.
Beberapa manfaat massage secara umum :
1. Bagi syaraf pijat akan sangat bermanfaat bagi orang yang sedang mengalami kelelahan yang teramat sangat atau merasa lemas.Pijat pada syaraf mampu memberikan rangsangan dan meningkatkan aktivitas otot,pembulu darah dan kelenjar yang diatur oleh otot-otot tersebut.
2. Bisa mengurangi kram atau ketegangan otot.Kelelahan dan ketegangan pada otot karena aktivitas yang berlebihan dan akibat penumpukan substansi beracun di otot bisa dikurangi dengan kontraksi dan relaksasi otot.
3. Kulit juga akan menjadi sehat dan bersinar karena treatment tersebut.Kulit yang mati akan tergantikan dengan kulit yang baru karena pada saat pemijatan keringat dan kelenjar akan memperoleh rangsangan sehingga pori - pori akan tetap terbuka sehingga respirasi,fleksibilitas dan elastisitas kulit meningkat.
4. Meningkatkan sirkulasi peredaran aliran darah
5. Membuka simpul dan penyumbatan peredaran jalannya energy
6. Menormalkan organ dan fungsi kelenjar serta memperbaiki proses dan koordinasi organ tubuh
7. Memperbaiki keseimbangan fungsi kelenjar dan merilekskan kerja sistem tubuh


Penutup
Ada hal penting yang bisa dilakukan sebelum melakukan massage ini. Yang penting lakukan peregangan ringan sebelum melakukan pijatan, agar otot-otot menjadi relaks lebih dulu. Sedangkan adapula pantangan melakukan shiatsu bagi usia dan kondisi tertentu. Mereka yang tidak boleh melakukan shiatsu adalah mereka yang lanjut usia dan memiliki sakit tulang seperti rematik dan pengapuran tulang
Tips sebelum melakukan massage :
1. Isilah perut minimal 1 jam sebelum melakukan perawatan.
2. Berkomunikasilah dengan therapist agar mengetahui seberapa kuat tekanan pijatannya.
3. Meskipun dapat dilakukan di rumah, sebaiknya perawatan dilakukan di tempatnya karena Anda ditangani therapist yang terlatih.
4. Idealnya, orang melakukan massage satu minggu sekali. Terlalu sering pun tidak boleh. Tapi kalau orang yang sudah terbiasa massage, dia akan menganggap massage sebagai kebutuhan.




1 komentar:

 

Sorry

MAINTENANCE

under