cara bikin layout fs

Gimana seh caranya...
biar profile FS kita jadi meriah kayak gtu…???


Gak asing kan sama FS?? Yap! Friendster! Ehm… gimana njelasinnya ya… FS itu kayak layaknya email, tapi gak cuma sekedar buat kirim dan trima surat aja kayak email. Mungkin agak salah juga aku nyebut FS
kayak mail, tapi aku baru tahu sebatas itu :D Dah yang belum tahu FS liat aja di web ini www.friendster.com, trus kalo mau gabung tinggal daftar aja. Yang kamu butuhin cuma email yang aktif, cuma itu aja modal awalnya. Atau bisa juga coba kunjungi FS-ku biar ada gambaran, ini dia alamatnya :
http://www.friendster.com/profiles/nocturno

Sekarang kita fokus ke topic awal aja, niatnya aku tu mau nulis tutorial buat bikin profile FS kita jadi tampak meriah. Nyok mulai nyok!!!

Mulai dengan persiapan. Yang perlu kita siapkan untuk ngoprek FS kali ini ada 2. Pertama, so pasti kita harus punya akun di FS, kalau belum punya cepetan daftar. Tak tunggu wez...
Kedua, kita perlu foto, gambar atau pernak pernik grafis lainnya yang bakal kita taruh di profile. Itu dulu, yang lain bisa nyusul nanti.

Mulai cari ide tampilan. Paling simple, log in ke Friendster trus pilih menu “My Profile”.Nah carilah ide di situ, kamu pengen seperti apa tampilan profilemu nanti. Cara lain, coba liat profile punya temen kita yang sudah meriah. Nanti di akhir aku bakal usahain memberikan contoh profile temen-temenku yang meriah :D.
Sudah ada ide? Kalau sudah, mari kita lanjut. Di home, sebelah kiri tengah di bagian my profile pilih edit
profile. Atau coba masuk lewat menu profile, trus di kotak di bawah nama kita, pilih edit profile.

Share your brain! Yang namanya sharing gak ngerugiin [ nocturno ]

Setelah itu kita akan masuk ke jendela edit profile. Di halaman tersebut kita bisa mengubah profile kita, dari mulai nama sampai orang yang mau kita jumpai “People who want to meet”. Kalo tidak salah :D. Kita gak akan bahas itu, langsung saja klik tab “Cuztomize”. Nah di sinilah kita bisa merubah tampilan Profile FS kita, dari mulai yang simple sampai yang full gambar dan pernak pernik lain. Kali ini kita kan coba berubah tampilan profile kita dengan CSS. Tidak usah bingung dengan istilah ini, kita tidak harus paham, yang kita harus pahami hanyalah bahasa inggrisnya nanti, juga ide dan sense of art biar profile kita jadi meriah :D.

Jika ingin yang simple, kita bisa memilih skin friendster yang sudah disediakan. Tapi kalau mau menyesuaikan dengan selera kita, maka kita perlu buat CSS seperti yang sudah aku katakan sebelumnya.
Sebenarnya kita bisa saja membuat CSS sendiri --buat yang paham, tapi beberapa dari kita gak paham sama sekali dengan istilah seperti itu. Nah makanya Friendster menyediakan sebuah site yang dapat membuat CSS secara instant agar kita tidak perlu susah-susah belajar CSS. Selanjutnya kita tinggalkan dulu Friendster, kita masuk ke web lain untuk buat CSS Profile kita.Buka situs ini : www.editfriendster.com

Di dalam web ini kita akan mulai membuat Profile FS kita meriah dengan warna-warna dan gambar. Sekarang mari kita mulai curahkan ide yang telah kita rencanakan sebelumnya.Belum lupa kan???
Nantinya aku tidak akan menjelaskan secara detail tentang semua perubahan yang harus dibuat. Saranku, ubah yang perlu diubah, jangan terlalu memaksakan semuanya dan kalau memang tidak tahu harus diubah atau tidak, biarkan dulu, baru nanti setelah kita tahu apa yang kurang bisa saja yang belum tadi kita ubah juga. Ehm... intinya trial and error, cobacoba ya :D

Share your brain! Yang namanya sharing gak ngerugiin [ nocturno ]

memilih gambar yang terlalu gelap, kalaupun ingin usahakan untuk mengeset warna fontnya nanti dengan warna yang kontras dengan backgroundnya.Balik lagi ke www.editfriendster.com, masuk ke tab background images. Di sini kita akan mengupload file gambar kita. Ikuti aja perintahnya, kita tinggal browse gambar yang ada di komputer kita, trus di send deh. Nanti, kita akan dapat satu URL yang isinya di mana letak gambar kita. Bila kita punya hosting sendiri bisa juga kita upload gambar kita di situ, kemudian kita copy URL gambarnya. OK, sudah dapet belum URL-nya? Kalau sudah mari kita lanjut. Atur “penampakan” profile kita. It’s show time guys! Sekarang silahkan bereskplorasi dengan tampilan FS kalian. Coba-coba aja, nah di sinilah bahasa inggris jadi modal utama kita. He he ;p. Oh ya, URL gambar tadi pastekan di kotak yang ada embelnya background image. Aku rada lupa!

Bila sudah puas dengan main-mainnya, giliran kita untuk buat codenya. Nah di halaman
paling bawah halaman “Profile Editor (Simple)” ada button generate code. klik tombol itu.
Dan code CSS untuk profile kita sudah siap.

Langkah terakhir!
Udah gak sabar kan liat make over tampilan Profile kita? He he... sabar-sabar. Kembali ke FS tadi, kita tadi terakhir buka bagian edit profile yang “customize”. Oh ya, lupa... code CSS tadi jangan lupa di copy ya, soalnya nanti mau di paste di sini neh : Oh ya, lupa lagi [dasar pelupa]. Sebelum di paste di sini tadi, pas masih di webnya editfriendster, kita bisa juga lihat hasil selera kita, caranya pilih tombol “preview” di akhir halaman di samping “generate code”.

Share your brain! Yang namanya sharing gak ngerugiin [ nocturno ]

Nah, selesai deh. Weleh? Yang penting jangan lupa ya... setelah di paste code CSS-nya tadi
di save. Dah bisa dilihat deh hasil kreasi otak kanan kita dengan memilih menu “My Profile” di jajaran menu atas.

Hasilnya??
Uwih..... keren nda.. Asik neh isa berbagi. Fyuh akirnya bisa selesai juga. Thanksnya ya semua yang dah rela baca tulisan kecilku ini dari awal sampai akhir. Maaf ya kalau masih bingung. Coz aku juga lagi belajar. Any question? Kirim mail aja ke aku di prakosoandhika@yahoo.com ato kirim message ke FS aku dicks_nocturno@yahoo.com Oh ya.. jangan lupa ya aku di add :D. See you next time

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under