Tour SIngkarak 2011 Siap Digelar


Tour de Singkarak 2011 akan digelar mulai Juni mendatang. Kompetisi ini diikuti oleh 225 pembalap dari 10 tim dalam negeri dan 15 tim luar negeri dan menempuh tujuh etape...


Tahun ini Tour de Singkarak memasuki tahun ketiganya. Kejuaraan ini secara resmi telah menjadi agenda perhelatan tahunan Union Cycliste Internationale (UCI).

Untuk tahun ini, UCI menetapkan Tour de Singkarak digelar pada 6 hingga 12 Juni 2011.

Dalam siaran pers yang diterima detiksport, Senin (28/2/2011) sore WIB, kompetisi tahun ini melombakan tujuh etape melintas berbagai keindahan alam dan budaya di 12 kabupaten/kota di Sumatera Barat dengan total jarak 813 kilometer.

Perincian etape tersebut adalah sebagai berikut. Etape I Padang, Etape II Padang – Pariaman, Etape III Pariaman – Bukittinggi, Etape IV Bukittinggi – Payakumbuh, Etape V Payakumbuh – Sawahlunto, Etape VIA Sawahlunto – Pagaruyung, Etape VIB Pagaruyung – Padangpanjang dan Etape VII Padang Panjang – Danau Singkarak. Beberapa tempat wisata baru akan menjadi bagian dari jalur lintasan lomba termasuk Lembah Harau.

Jumlah etape tahun ini bertambah dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni enam. Tahun lalu Tour de Singkarak menempuh total jarak 551,7 kilometer.

Untuk tahun ini lomba diikuti oleh 225 pembalap sepeda dari 10 tim dalam negeri dan 15 tim internasional.

Dirjen Pemasaran Kemudpar RI Sapta Nirwandar menyampaikan bahwa untuk mendukung kegiatan ini pemerintah menjalin kerjasama dengan Amaury Sport Organization pada Prancis untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan serta membantu menghadirkan pembalap-pembalap terbaik dari benua Amerika dan Eropa.

ASO yang akan memberikan konsultasi penyelenggaraan Tour de Singkarak 2011 ini adalah penyelenggara acara olahraga terkemuka yang memiliki pengalaman panjang dalam menyelenggarakan Tour de France, reli Paris Dakkar dan Paris Marathon. ASO sendiri berpendapat bahwa kualitas Tour de Singkarak sangat berpeluang untuk ditingkatkan menjadi perhelatan olahraga sekelas Tour de France.

Tahun lalu gelar juara umum Tour de Singkarak disabet pembalap sepeda Iran Ghader Mizbani dari tim Tabriz Petrochemichal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under