Thursday, January 27, 2011

Gara-gara LPI, PSSI Rugi 7 Miliar


Sponsor utama Liga Super Indonesia (ISL), PT Djarum, akan mengajukan klaim kepada PT Liga Indonesia karena banyak pertandingan yang gagal digelar serta mundurnya klub peserta kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu. Klub ISL 2010/2011 yang mengundurkan diri dan pindah ke kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) bentukan pengusaha nasional, Arifin Panigoro, yaitu Persema Malang...
, Persibo Bojonegoro, dan PSM Makassar.

Berdasarkan kesepakatan awal dengan PT Liga Indonesia, sponsor utama bisa memberikan penalti dengan jumlah tertentu jika ada pertandingan yang gagal digelar. "Itu sudah positif. Jumlah laga yang hilang itu akan dikalikan Rp 100 juta. Ini adalah bentuk konsekuensi yang harus diterima," kata Perwakilan PT Djarum, Fatih Chabanto.

Dengan mundurnya tiga klub ISL serta banyaknya pertandingan yang digelar tanpa penonton, bisa dipastikan jumlah penalti atau klaim yang harus dibayarkan PT Liga Indonesia kepada pihak sponsor utama cukup besar. Sesuai dengan pendataan awal, jumlah pertandingan yang kemungkinan besar batal digelar selama kompetisi ISL 2010/2011 sebanyak 70 laga. Jika dikalikan dengan Rp 100 juta, maka besarnya penalti yang harus dibayar mencapai Rp 7 miliar.

Menurut dia, selain penalti akibat hilangnya sebuah pertandingan, PT Liga Indonesia juga akan mendapatkan penalti ganda jika sebuah pertandingan di kandang digelar tanpa penonton atau dipindah ke tempat netral. "Kami sedang menunggu program Liga. Bagaimana mereka membuat perubahan, membuat kompetisi tetap menarik, dan klub tidak berkurang lagi. Aturan sanksi berlapis tetap dipakai, selain denda Rp100 juta untuk laga yang hilang, kami dan Liga sudah sepakat dengan denda yang lain," katanya.

Ia menjelaskan besarnya penalti yang harus dibayar oleh pengelola kompetisi ISL selain gagalnya sebuah pertandingan cukup beragam. Sanksi Rp 50 juta per laga diberikan bila laga kandang menurut venue resmi klub digelar tanpa penonton. Selain itu, denda Rp 75 juta per laga berlaku bagi pemindahan kandang dengan penonton. Nilai penalti sampai Rp 100 diberikan bila laga dilaksanakan di tempat netral dan digelar tanpa penonton.

Fatih menjelaskan penalti yang akan diajukan ke PT Liga Indonesia nantinya akan kalkulasi dengan uang sponsorship pada ISL 2010/2011. Saat ini pihaknya telah membayar 50 persen dari Rp 40 miliar.

Penalti yang akan diajukan ke PT Liga Indonesia nantinya akan diambilkan dari uang sponsorship yang dikeluarkan di termin kedua. Dengan demikian, sisa uang yang harus dibayarkan ke pengelola ISL tinggal Rp 13 miliar.

Red: Didi Purwadi
Sumber: antara

1 comment: