Kamera di Akhir Garis Finish!


Penasaran bagaimana hasil sebuah event pertandingan olahraga ditentukan? Berkat kemajuan teknologi sekarang, kemenangan atlet dapat ditentukan dengan 1/1000 detik atau 40 kali lebih cepat dari kedipan mata.

Alat tersebut adalah Omega Scan 'O' Vision Star.Omega telah menjadi penentu waktu resmi setiap pertandingan Olimpiade sejak Olimpiade di Los Angeles pada tahun 1932 sampai dengan Olimpiade Beijing 2008, dah bahkan IOC ( Komite Olimpiade Internasional ) telah memperpanjang kontraknya sampai dengan Olimpiade Vancouver 2012 dan London 2012.
http://i46.tinypic.com/2e5ldo5.jpg

http://i39.tinypic.com/16a154o.jpg
Sekilas tentang Omega Scan 'O' Vision Star

* Dapat menangkap sampai dengan 2000 gambar per detik

* Resolusi gambar yang dihasilkan adalah 2048 pixel.

* Dilengkapi dengan sensor dengan sensifitas tinggi, sehingga dapat bekerja dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

* Dengan menangkap gambar secara akurat alat ini biasa digunakan dalam beberapa cabang olah raga seperti atletik, sepeda, mendayung, balap, dsb.
http://i47.tinypic.com/a1iaz5.jpg

Cara Kerja Omega Scan 'O' Vision Star
http://i41.tinypic.com/bg69le.jpg

enjelasan gambar diatas:

Pada saat pertandingan dimulai, loud speaker yang terletak pada start block akan berbunyi seiring pistol start di letuskan. Alasan penempatan speaker pada start block agar para atlet mendengar bunyi start secara bersamaan.

Sementara itu di garis finish telah siap kamera berkecepatan tinggi Omega Scan 'O' Vision yang dapat menangkap sampai dengan 2000 gambar per detik.

Ketika ada anggota badan seorang atlet yang menyentuh garis virtual, maka kamera akan mengirimkan sinyal elektronik ke Timing consol yang akan langsung (real live) menampilkan catatan waktu ke Scoring Board.

Contoh Garis Virtual di Garis Finish

http://i44.tinypic.com/rh1oqu.jpg

Contoh Event Pertandingan
http://i44.tinypic.com/10xxyys.jpg

Contoh Hasil Scoring Board
http://1.1.1.2/bmi/i46.tinypic.com/51q9vs.jpg

Kalau sebelumnya kita menggunakan timer untuk menentukan pemenang pertandingan yang kadang kala pemenangnya sulit ditentukan karena perbedaan yang tipis . Kini dalam pertandingan olahraga modern hal tersebut telah dapat diminimalisir dengan alat tersebut sehingga kemenangan yang kontroversial dapat dihindari.


Sumber :
www.kaskus.us


0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under