RENCANA PENGAJARAN

Sekolah : SMK N 3 Semarang
Kelas : XII
Aspek : Renang
Sub Aspek : Renang Gaya Bebas
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

I. Standar Kompetensi
Mempraktekan salah satu gaya renang dan lompat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
II. Kompetensi Dasar
Mempraktekan ketrampilan teknik dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin,keberanian,tanggung jawab dan kerja keras.
III. Indikator Pencapaian KD
Melakukan ketrampilan renang gaya bebas dengan jarak minimal 25 meter serta menerapkan nilai disiplin,kerja keras dan keberanian.
IV. Tujan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan luncuran dengan benar.
2. Siswa dapat melakukan gerakan kaki dengan benar.
3. Siswa dapat melakukan gerakan tangan dengan benar.
4. Siswa dapat melakukan gerakan pernapasan dengan benar.
5. Siswa dapat melakukan gerakan koordinasi dengan benar.

V. Materi Pokok
1. Meluncur
Meluncur caranya adalah dengan melakukan tolakan kaki sekuatnya pada dinding kolam lalu biarkan tubuh meluncur sampai tubuh tidak bergerak maju lagi.
2. Gerakan kaki
Gerakan naik turun mengarah lurus,dengan posisi kaki yang kaku sehingga posisi kaki tetap lurus.gerakan dilakukan naik turun, jarak antara kaki kanan dan kaki kiri kira-kira 30- 40 cm.
3. Gerakan tangan
Tangan masuk ke air dengan semua jari jari merapat, sehingga terjadi daya dorong besar, masukan tangan sejauh mungkin lalu lakukan tarikan hingga mendekati pinggang dan yang terakhir melakukan dorongan hingga tangan muncul lagi ke permukaan. Lakukan bergantian tangan kanan dan kiri.
4. Pernapasan
Pernapasan dilakukan dengan cara mengambil udara dengan mulut lalu membuangnya lewat mulut.
5. Koordinasi
Saat tangan kanan masuk ke air tangan kiri melakukan dorongan bersamaan dengan kaki kiri mendorong pemukaan air dan kaki kanan mendorong ke bawah. Tangan kanan bergerakmasuk ke air sementara tangan kiri terus mendorong sampai muncul di permukaan. Akhir dari dorongan tangan kiri tangan kanan langsung masuk air dan kembali mendayung
VI. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Latihan di darat
3. Latihan di tepi kolam
4. Latihan di kolam dangkal
5. Latihan di kolam dalam
6. Pemberian tugas






VII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Berbaris.
Siswa dibariskan.
b. Berdo’a.
Dosen memimpin do’a untuk mengawali kegiatan belajar mengajar.
c. Pemanasan.
Guru memimpin siswa untuk melakukan pemanasan dengan cara:
 Siswa lari mengelilingi kolam sebanyak 3 kali.
 Peregangan statis dan dinamis agar tidak cidera.
.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa melakukan gerakan meluncur yaitu dengan dimulai dengan latihan di darat, tepi kolam, kolam dangkal, dan koam dalam.
b. Siswa melakukan gerakan kaki dengan dimulai latihan di darat, tepi kolam, kolam dangkal, dan kolam dalam.
c. Siswa melakukan gerakan tangan. dengan dimulai latihan di darat, tepi kolam, kolam dangkal, dan kolam dalam.
d. Siswa melakukan gerakan koordinasi. dengan dimulai latihan di darat, tepi kolam, kolam dangkal, dan kolam dalam.
e. Siswa melakukan teknik renang gaya crawl di kolam yang dimulai dengan gerakan meluncur dilanjutkan dengan gerkan kaki dan tangan dan disertai koordinasi.
VIII. Alat dan sumber Belajar
1. Alat
 Peluit
 Stopwatch
 Pelampung
2. Sumber belajar
 Buku materi Renang
 Internet
IX. Penilaian
No INDIKATOR KRITERIA HASIL
1.

2.

3.

4.


5.


6. Teknik melakukan konsep dasar meluncur.
Teknik melakukan gerakan kaki.
Teknik melakukan gerakan tangan.
Teknik melakukan gerakan pernapasan.
Teknik melakukan gerakan koordinasi.
Pengerjaan tugas.


Semarang, 14 Oktober 2008
Mengetahui,
Guru Pamong Guru Praktikan


Sutarno, S. Pd. Andhika Prakoso
NIP :500147729 NIM:6101407043

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under