STATISTIK DAN STATISTIKA

STATISTIK DAN STATISTIKA
Pada awal perkembangannya statistik digunakan untuk melakukan pendataan dan analisa mengenai penduduk. Analisa data penduduk ini penting bagi pemerintah untuk mengetahui jumlah, penyebaran, komposisi dan perkembangan penduduk dari tahun ketahun.
Saat ini statistik berkembang, merambah ke banyak bidang. Ekonomi, sosial, kesehatan industri pengolahan, pertanian, eksperimen-eksperimen biologi, fisika dan masih banyak lagi bidang-bidang yang lain. Definisi statistik pun berubah dari ilmu tentang kependudukan menjadi ilmu tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menginterpretasi dan mempresentasikan data.
Statistik mempunyai peran untuk....



mengubah informasi yang berupa data-data menjadi sebuah pengetahuan.
Definisi lain tentang statistik adalah metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.
STATISTIKA
Statistika adalah cabang matematika yang terkait dengan aplikasi metoda sains bidang pengumpulan, pengorganisasian, presentasi, dan analisi data numerik untuk tujuan pembuatan keputusan yang baik dalam menghadapi adanya ketidakpastian

Cabang Statistika
Disiplin statistika dibagi dalam 2 cabang
1.Statistika Deskriptif mengandung metoda dan prosedur yang digunakan untuk pengumpulan, pengorganisasian, presentasi dan memberikan karakteristik terhadap himpunan data.
2.Statistika Inferensial mengandung prosedur yang digunakan untuk mengambil suatu inferensi (kesimpulan) tentang karakteristik populasi atas dasar informasi yang dikandung dalam sebuah sampel.
Penggunaan Statistika
Accounting · Menggunakan prosedur statistik untuk pelaksanaan audit terhadap klien.
Finance/Keuangan · Pembuat rencana dan penasihat financial menggunakan ukuran statistik untuk memberikan nasihat kepada klien dalam pengambilan keputusan investasi keuangan.
Produksi · manajer produksi menggunakan prosedur statistik dalam quality control dan lot acceptance sampling
Economi · Ekonom menggunakan prosedur statistik untuk membuat peramalan tentang ekonomi di masa depan.
Human Resource Management · Manajer HRD menggunakan teknik statistik untuk memperkirakan employee turnover rates
Marketing · Manajer marketing menggunakan informasi statistik perilaku beli pelanggan dalam uji coba pasar untuk menentukan apakah produk itu dapat pasar.
Macam Statistik dalam penggunaannya
1.Statistik Deskriptif
menggambarkan struktur data
tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan karena berisi body data
digunakan agar dapat mengolah data dengan benar
2.Statistik Inferensial (uji statistik)
3.Statistik Peramalan (Forecast)
misalnya menggunakan regresi linier
4.Statistik Probabilistik
tidak berkaitan dengan sampling
dapat menghitung peluang yang terjadi


0 komentar:

Posting Komentar

 

Sorry

MAINTENANCE

under